Sinergi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Program studi Kimia, FMIPA, UNY mengadakan kegiatan Sinergi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Jumat, 20 Agustus 2021 dengan tema Sinergi Kurikulum MBKM Program Studi Kimia dengan Alumni, Industri, dan Program Studi Lainnya di Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY. Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini adalah (1) Dr. Maria Paristiowati dari tim perumus CPL Kimia dan Pendidikan Kimia, Himpunan Kimia Indonesia, (2) Dr. Harry Firman dari tim ahli SEAQIS (SEAMEO QITEP in Science), dan (3) Windra Setyawan, S.Si. yang merupakan alumni program studi kimia yang bekerja di PT Esye Naturel Kosmetindo. Kegiatan ini dihadiri oleh: (1) wakil rektor bidang akademik, (2) dekan FMIPA UNY, (3) wakil dekan bidang akademik dan kerja sama FMIPA UNY, (4) wakil dekan bidang umum dan keuangan FMIPA UNY, (5) koordinator program studi S-1 Kimia, S-1 Pendidikan Kimia, dan S-2 Pendidikan kIMIA, (6) taskforce Program Kompetisi Kampus Merdeka, (7) Ketua Kelompok Bidang Keahlian di Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY, dan (8) tenaga kependidikan FMIPA UNY.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dipimpin oleh Dr. Antuni Wiyarsi, M.Sc. Pada sesi pertama ini, pemaparan materi dilakukan oleh Dr. Maria Paristiowati dan Dr. Harry Firman. Dr. Maria menyampaikan presentasi tentang sinkronisasi materi mata kuliah konten kimia pada kurikulum S1 Kimia dan S1 Pendidikan Kimia. Pada presentasinya, Dr. Maria menyampaikan bahwa Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) program studi kimia dan pendidikan kimia memiliki perbedaan terutama pada terapannya dalam penelitian. Lebih spesifiknya, CPL yang berkaitan dengan mata kuliah dasar antara prodi S1 Kimia dan Pendidikan Kimia adalah sama. Misalnya pada kegiatan praktikum maka bekal praktikum antara prodi S1 Kimia dan S1 Pendidikan Kimia harus sama untuk praktikum yang sifatnya dasar, untuk praktikum lanjutan yang menjadi berbeda berbeda. Misalnya pada praktikum Kimia Anorganik 3 hanya diberikan untuk mahasiswa S1 Kimia, tidak diberikan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Kimia. Tujuannya untuk membekali mahasiswa lulusan S1 Kimia menjadi seorang peneliti yang handal. Misalnya praktikum kimia anorganik 3 tida diberikan di prodi pendidikan kimia. Secara keseluruhan, kurikulum S1 Kimia dengan S1 Pendidikan Kimia FMIPA UNY memiliki kesetaraan dalam hal konten kimia sebanyak 60-75%.

Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Dr. Harry Firman. Dr. Harry menyampaikan tentang Isu-Isu Implementasi Program S2 Pendidikan Kimia di Universitas Pendidikan Indonesia. Pada presentasinya, Dr. Harry menerangkan bahwa lulusan S1 Pendidikan Kimia dipersiapkan untuk menjadi well prepared novice teachers of chemistry. Adapun lulusan S2 Pendidikan Kimia dipersiapkan sebagai expert teachers of chemistry. Beliau juga menyampaikan perbedaan yang mendasar antara skripsi, tesis, dan disertasi dari program sarjana, magister, dan doktor. Perbedaan tersebut terletak pada kedalaman serta kompleksitas dalam setiap aspek yang dibahas, khususnya aspek-aspek yang berkaitan dengan teori, metode penelitian, dan pemaparan serta analisis data.

Setelah sesi pertama berakhir, acara sinergi kurikulum memasuki sesi kedua yang dipimpin oleh Erfan Priyambodo, M.Si. Windra Setyawan, S.Si. yang merupakan alumni prodi S1 Kimia FMIPA UNY menyampaikan presentasinya dengan judul Sharing Alumni dan Sinergi Kurikulum S1 Kimia dengan Industri. Pada sesi ini, Windra menyampaikan bahwa konten teoritis yang sudah ada di kurikulum S1 Kimia pada dasarnya sudah baik, akan tetapi perlu dukungan praktis tentang pengoperasian instrumen modern yang seringkali digunakan di industri seperti HPLC, AAS, dsb. Apabila hal tersebut tidak memungkinkan karena ketidak tersediaan alat, maka dalam kegiatan perkuliahan perlu disampaikan tentang bagaimana cara mengoperasikan instrumen modern tersebut dan dilengkapi dengan video tutorial. Adapun berkaitan dengan kegiatan praktikum, Windra Setyawan, S.Si. berharap agar kegiatan praktikum yang mendukung setiap perkuliahan teori up to date dengan kondisi sekarang.

Melalui kegiatan sinergi kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kurikulum dari program studi yang ada di Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY terutama untuk menjembatani gap antara yang dipelajari di kampus dengan kondisi riil yang ada di industri.

Tags: