WEBINAR SERIES #3 STRATEGI DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN KIMIA DI ERA PANDEMI COVID-19

Webinar series #3 Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY sebagai rangkaian acara untuk memperingati dies natalis yang ke-64 diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2020 dengan tema Strategi dan Penilaian Pembelajaran Kimia yang Efektif di Era Pandemi COVID-19. Peserta yang mendaftarkan diri dalam webinar series #3 ini berjumlah 291 orang dengan berbagai latar belakang pekerjaan dan tersebar dari seluruh penjuru Indonesia.

Pada webinar series #3 ini menghadirkan dua nara sumber yaitu oleh Agus Yulianto, M.Pd. yang merupakan ketua PPSKI DIY sekaligus MGMP Kimia Kabupaten Sleman dan Dr. Das Salirawati, M.Si. dari Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Yogyakarta. Agus Yulianto, M.Pd. menyampaikan tentang strategi pembelajaran kimia, adapun Dr. Das Salirawati, M.Si. membahas tentang evaluasi pembelajaran kimia di era pandemi COVID-19.

Agus Yulianto, M.Pd. menyampaikan beberapa upaya agar dapat menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, beberapa di antaranya adalah: (1) cermat dalam memilih metode, media, dan pembelajaran, (2) melibatkan siswa untuk mengalami, (3) mempertimbangkan kuota siswa mengingat panjangnya alokasi waktu pembelajaran, (4) pembelajaran kolaboratif untuk mengurangi beban siswa. Salah satu media yang dapat digunakan adalah menggunakan aplikasi chemondro yang merupakan kepanjangan chemistry on android. Chemondro tersebut bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan siswa di manapun dan kapanpun, simpel, menarik secara visual, informatif dan atraktif, dan dapat digunakan sebagai sarana evaluasi. Pendidik dapat memantau perkembangan siswa dengan memfasilitasi untuk diskusi bersama setelah siswa memanfaatkan chemondro.

Pada sisi lain, Dr. Das Salirawati, M.Si. menyampaikan tentang penilaian dalam pembelajaran kimia yang efektif di era pandemi covid-19. Dr. Das Salirawti, M.Si. menyarankan untuk membuat variasi bentuk soal dan tugas kepada siswa, bisa berupa membuat video atau media lainnya yang menarik misalnya dengan meminta siswa untuk membuat lagu tentang materi pembelajaran yang dipelajari. Meminta siswa untuk mengubah lirik sebuah lagu dengan konsep-konsep yang telah dijelaskan, maka pendidik bisa menilai keterampilan siswa dalam seberapa banyak konsep yang dapat dibuat dalam lagu tersebut. Adapun dalam ranah sikap, pendidik bisa menilai sikap jujur dan tanggung jawab dalam hal menyusun tugas yang diberikan. Adapun pendidik juga dapat menilai sikap disiplin siswa terkait kehadirannya dalam kegiatan pembelajaran online.

Tags: