Webinar Series #6 Jurusan Pendidikan Kimia

Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY telah menyelenggarakan kegiatan Webinar Series #6 pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah 126 peserta yang berasal dari kalangan dosen, guru, mahasiswa, dll. Terdapat dua orang narasumber yang diundang untuk mengisi acara webinar series #6 yaitu Dr. Wan Haslinda Wan Ahmad (STEM Chemistry Education - Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia) dan Dr. Noorshida Mohd Ali (Innorganic Chemistry - Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia).

Presentasi pertama disampaikan oleh Dr. Wan Haslinda Wan Ahmad. Beliau membahas tentang Chemistry Jigsaw Puzzle – 21st Century Chemistry Learning Innovation. Pada presentasinya, Dr. Haslinda menyampaikan bahwa pada dasarnya kimia melibatkan dan menjelaskan reaksi kimia dengan level makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik. Berdasarkan berbagai literatur telah terbukti bahwa kimia menjadi salah satu mata pelajaran kimia yang dianggap sulit karena kontennya yang bersifat abstrak. Akan tetapi kegiatan pembelajaran yang dilangsungkan sering kali hanya sebatas untuk mengingat dan menghafal konsep bukan memahami konsep. Bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa peneliti terdahulu telah membuktikan bahwa penggunaan permainan puzzle dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam kimia. Penggunaan puzzle dalam pembelajaran kimia menjadikan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan, dapat merecall pengetahuan sebelumnya, berpikir logis, dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, Dr. Haslinda mengembangkan Chemistry Jigsaw Puzzle (CJP) yang menjadi suatu inovasi dalam media pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis game dan melibatkan persamaan kimia. Ide pengembangan CJP ini didasarkan pada permainan monopoly. CJP melibatkan 163 pertanyaan yang terbagi ke dalam 8 bab mata pelajaran kimia dan disusun untuk 11 level serta dapat dimainkan minimal oleh 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CJP: (1) mendukung inisiatif penggunaan STEM education, (2) mendukung karakteristik pembelajaran abad 21, (3) menerapkan strategi pembelajaran kooperatif, (4) meningkatkan keterampilan intrapersonal siswa, serta (5) meningkatkan ketertarikan dan motivasi intrinsik siswa terhadap mata pelajaran kimia.

Presentasi dilanjutkan oleh Dr. Noorshida Mohd Ali yang menyampaikan tentang Iridium(II) Complexes: Synthesis and Luminescent Properties. Kompleks cyclometalated iridium(III) memiliki banyak photophysical dan photochemical karakteristik. Kompleks Phosphorescent memiliki satu logam dan satu atau lebih ligan yang disajikan dengan campuran singlet-triplet states. Masalah utama yang dipecahkan pada penelitian Dr. Noorshida disebabkan karena hingga sekarang mendesain phosphorescent hijau dan emitor merah merupakan suatu pemcapaian yang signifikan akan tetapi mengembangan dan melakukan inovasi agar efisiensi lebih tinggi serta menghasilkan emisi biru menjadi tantangan yang harus dilakukan. Oleh karena itu penelitian yang dilakukan Dr. Noorshida adalah dengan mengembangkan kompleks caltonic polypyridyl dari Iridium(III) dengan mengganti salah satu ligan phenylpyridine dengan N-heterocyclic carbene ligand.

Melalui kegiatan webinar series #6 ini diharapkan berkontribusi terhadap peningkatan wawasan peserta yang berasal dari kalangan dosen, mahasiswa, dan guru.