FGD Rintisan Kerjasama Kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Pada hari Jumat, 6 November 2020 Program Studi S1 Kimia UNY melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama Kepala Sekolah SMA dan SMK di DIY serta Koordinator Program Studi Mitra dari dalam UNY dan luar UNY yang berada di Yogyakarta. Kegiatan FGD ini bertujuan untuk melakukan penanda tanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Studi Kimia UNY dengan mitra dalam rangka Program Rintisan Kerjasama Kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM). Jumlah peserta yang diundang dalam kegiatan FGD ini terdiri atas 11 Kepala Sekolah SMA/ SMK dan 15 Koordinator Program Studi Mitra.

Perintisan kerjasama antara Prodi Kimia UNY dengan sekolah dilakukan di antaranya terhadap SMA Al-Azhar 9 Yogyakarta, SMA Negeri 9 Yogyakarta, SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMA Negeri 6 Yogyakarta, SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 3 Yogyakarta, SMK-SMTI Yogyakarta, SMK Farmasi Indonesia, dll. Adapun bentuk kegiatan atau aktivitas yang tertuang dalam MoA antara prodi kimia dengan sekolah mitra adalah berupa kegiatan magang yang meliputi asistensi kegiatan pembelajaran, pengembangan ekstrakurikuler karya ilmiah remaja, pembimbingan olimpiade kimia, dan kegiatan lain yang sesuai dengan bidang keilmuan kimia selama jangka waktu 6 bulan untuk mengembangkan wawasan keilmuan dan sikap profesional mahasiswa. 

Pada sisi lain, bentuk kegiatan kerjasama antara Prodi Kimia UNY dengan Prodi Mitra dilakukan dalam bentuk kegiatan perkuliahan baik teori maupun praktik serta kegiatan penelitian untuk mahasiswa serta kerja sama penelitian dan pubikasi untuk dosen dengan durasi waktu sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Rintisan kerjasama dengan prodi dilakukan dengan prodi internal UNY yang mencakup prodi pendidikan kimia, fisika, biologi, teknik mesin, dll. Adapun untuk prodi yang di luar UNY terdiri atas prodi kimia UII, teknik kimia UPN, farmasi USD, dll.

Melalui rintisan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa lulusan program studi kimia UNY.

 

Tags: